Keterkaitan e-bussiness, e-commerce, dan e-marketing sangat erat
kaitannya. Saat ini banyak perusahaan menggunakan system yang bersifat
online didalam menjalankan pemasaran produknya guna memperluas
segmentasi market nantinya.
Peluang untuk membangun jejaring dengan berbagai institusi lain
tersebut harus dimanfaatkan karena dewasa ini persaingan sesungguhnya
terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan E-Commerce untuk meningkatkan kinerja dalam bisnis inti yang digelutinya
Dampak dari teknologi untuk perkembangan bisnis di Indonesia sebagai berikut :
- Jangkauan global
- Pengurangan biaya operasi
- Perbaikan rantai pasokan
- Penambahan jam buka: 24/7/365
- Kustomisasi
- Model bisnis baru
- Spesialisasi vendor
- Kecepatan time-to-market
- Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
- Efisiensi pengadaan
- Meningkatkan hubungan dengan konsumen
- Informasi yang up-to-date
- Tidak harus membayar pajak/biaya usaha fisik
Karakteristik Bisnis E Commerce
Business to Business
- Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
- eCommerce antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun pemasok (supplier)
- Melakukan transaksi antar usaha ini secara elektronik
dapat banyak keuntungan seperti lebih cepat, lebih nyaman, lebih efisien
Business to Consumer
- e-Commerce antara usaha dan konsumen secara langsung
- Dengan semakin banyaknya pribadi yang terhubung pada internet maka pasar B2C semakin potensial
- Konsumen mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan secara online
Consumer to Business
- e-Commerce antara individu dan perusahaan secara langsung.
- Dengan semakin banyaknya individu yang menawarkan produk dan jasa melalui internet maka pasar C2B semakin potensial.
- Perusahaan mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh individu
Consumer to Consumer
- e-Commerce antara individu dan individu secara langsung
- Dengan semakin banyaknya individu yang terhubung pada internet maka pasar C2C semakin potensial
Pola bisnis e-commerce ini pada dasarnya terletak atas beberapa
komponen, tersedianya platform untuk menampilkan barang, proses
pembayaran dan pengiriman.
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam
pembangunan ekonomi nasional, oleh karena selain berperan dalam
pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam
pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Dalam krisis ekonomi yang
terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak
usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti
aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih
tangguh dalam menghadapi krisis tersebut.
Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama
krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta
difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan
hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu
bersaing dengan unit usaha lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar